4 Tips Adaptasi Di Lingkungan Kerja Baru

Lagi-lagi saya tidak bosan mengingatkan betapa pentingnya beradaptasi di lingkungan baru. Mau sebesar apapun gaji kita, semua akan sia-sia kalau kita sendiri tidak merasa nyaman di lingkungan kerja kita dan merasa seperti di penjara. Enjoy!




Source: Indojobhunter 

 Dalam memasuki dunia kerja mungkin sangat diperlukan berbagai macam persiapan, misalnya bagaimana sih kita bisa menyesuaikan diri kita dengan lingkungan kerja kita yang baru? Mungkin bagi beberapa orang dalam melakukan adaptasi pada lingkungan kerja baru serta pada teman-teman baru yang ada pada kantor tersebut merupakan hal yang tidaklah sulit, namuan bagai mana dengan kita yang baru memulai aktifitas dalam dunia kerja?Dan bagaiman pula kita bisa menghadapi atasan kita yang baru?Berhadapan dengan atasan menuntut kita untuk memahami pola pikirnya, cara kerjanya, serta karakternya. Dan perlu kalian ingat, dalam membangun hubungan kita yang baik terhadap atasan itu merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menjalin suatu pekerjaan. Dan menjalin hubungan yang baik terhadap atasan maupun rekan sesama kerja itu merupakan tahapan awal dimana kita akan memulai untuk bekerja. Nah untuk anda yang mungkin merasa kesulitan untuk membangun itu semua, serta untuk kalian yang mungkin beru memulai aktifitas pada dunia kerja. 

Disini kami memiliki beberapa cara agar kita bisa membangun hubungan baik terhadap atasan maupun sesama rekan kerja, yaitu sebagai berikut: 

 1. Ikuti sistem yang sudah ada Karena kita karyawan baru di perusahaan tersebut, maka ada kemungkinan besar kita akan sangat kesusahan dalam menyesuaikan diri kita terhadap sistem pekerjaan kita yang baru, dan untuk mengatasi permasalahan tersebut anda dianjurkan untuk mencoba untuk mengikuti aturan serta sistem yang telah ditetapkan oleh perusahan tersebut. Cobalah untuk memberikan kontribusi yang baik tanpa harus anda mengeluh, karena jika anda banyak mengeluh itu akan mengurangi nilai anda pada perusahaan tersebut. Tetapi anda juga jangan terlalu berlebihan, karena nantinya orang-orang akan berpikir kalo anda seperti penjilat dan anda hanya akan menciptakan konflik baru.

 2. Bangun komunikasi Terus-terusan mengeluh itu tidak akan baik, justru itu merupakan hal yang sangat buruk. Apalagi jika kita mengeluhkan cara kerja yang diberikan atasan kepada kita, jangan sampai itu terjadi. Nah daripada kita mengeluh, alangkah lebih baik bukan bila kita membangun komunikasi yang baik. Dan cara yang tepat agar kita bisa membangun komunikasi yang baik yaitu dengan cara kita bisa memahami sifat, karakter, dan cara kerjanya yang terdapat pada perusahaan tersebut.

 3. Berpikir terbuka Cobalah untuk anda bisa berpikir terbuka, agar anda bisa menyiapkan diri anda dalam menghadapi setiap komplik yang menyangkut perbedaan ide. Tapi ingat, perbedaan bukan berarti lebih buruk. Dan mungkin setiap orang pun pasti memiliki caranya sendiri dalam mengatasi setiap permasalahan tersebut. 

4. Fleksibel Yang menjadi hal yang paling penting dalam penyesuaian diri yaitu jika menyangkut berhadapannya dengan seorang atasan. Kalian tidak perlu jengkel apalagi marah-marah jika atasan kita terlihat sedikit ribet. Dimisalkan dengan jika atasan kita meminta update laporan dua kali seminggu, mengadakan rapat dua hari sekali, atau cerewet mengecek ini-itu. Tapi bukan berarti beliau tidak mempercayai anda. Dan untuk menghadapi permasalahan semacam ini, anda harus mencoba untuk lebih bersikap fleksibel serta bersabar rasanya itu merupakan sikap yang bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar