Trik Tetap Fit Saat Lembur

Siapa sih yang nggak pernah lembur? Pasti semua yang kerja di kantor pernah merasakan ini. Kerja overtime demi menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Argh! Cuma banyak diantara kita yang kurang memperhatikan kesehatan saat lembur. Berikut adalah tips dari healthokezone untuk kita yang doyan lembur!


Oleh:  Helmi Ade Saputra

Orang yang bekerja shift malam biasanya mempunyai pola dan waktu makan yang buruk. Apalagi, bekerja sepanjang malam dapat membuat seseorang berisiko terkena diabetes, penyakit jantung, insomnia dan stres. Oleh karena itu, bekerja sepanjang malam bukanlah pekerjaan mudah. Jika Anda bekerja pada shift malam maka perlu mengikuti tip menjaga kesehatan tubuh yang lebih baik, sebagaimana dilansir Boldsky. 

Makan sehat 

Orang yang bekerja shift malam biasanya bergantung pada makanan cepat saji atau olahan. Mereka akan makan jenis makanan apa pun untuk menghilangkan rasa laparnya sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jelas hal tersebut tidak disarankan untuk mereka yang bekerja di shift malam karena Anda harus tetap mengonsumsi makanan sehat. Misalnya seperti bayam, brokoli dan buah-buahan. 

Hindari kafein 

Untuk menghilangkan mata lelah dan mengantuk biasanya Anda minum secangkir kopi. Namun, bila Anda bekerja pada shift malam tidak boleh minum lebih dari satu cangkir kopi. Hal ini dikarenakan, minum lebih dari satu cangkir kopi dapat menyebabkan dehidrasi dan sulit tidur. Untuk diketahui, secangkir kopi dapat membuat Anda tidak tidur minimal selama 7-8 jam. 

Minum air 

Air mempunyai segudang manfaat kesehatan, di antaranya menaikkan sistem kekebalan tubuh dan juga membuat Anda tetap terhidrasi. Minum air menjadi solusi tepat untuk tetap sehat bagi Anda yang bekerja di shift malam, karena bekerja pada malam hari dapat mengurangi tingkat energi dan air dalam tubuh. Jadi, minumlah banyak air untuk tetap terhidrasi dan melawan rasa lelah. 

Istirahat dengan berjalan-jalan 

Mengambil waktu istirahat dengan sedikit berjalan-jalan merupakan tip kesehatan yang efektif bila Anda bekerja shift malam. Aktivitas sederhana ini juga dapat mengistirahatkan mata dari layar monitor dan merilekskan pikiran. Selain itu, beristirahat dengan sedikit berjalan-jalan juga apat menyegarkan tubuh serta membuat Anda tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar